Latest Posts

FUNGSI REFLEKTOR KETIKA PORTRAIT OUTDOOR

By 08.34


ISO 200, 1/640 detik, f/2.8, 200mm (Nikon D700+Sigma 70-200mm f/2.8 HSM Macro) dengan
reflektor permukaan emas. Foto dari workshop portrait model di Museum Bank Mandiri, Jakarta

Disini saya akan artikan satu persatu dan penggunaannya. (tulisan ini saya persembahkan untuk teman saya yang mencari pencerahan, semoga bermanfaat dan saya halalkan pembajakan hehehe).

Kalau suka foto portrait outdoor, sebuah reflektor adalah aksesoris lighting yang murah meriah dan efektif. Fungsi reflektor adalah memantulkan cahaya ke subjek foto sehingga subjek foto terlihat lebih terang. Reflektor paling efektif saat langit mendung atau cahaya dari belakang (backlight). 

Fungsinya reflector itu sendiri adalah mengisi bagian objek yang gelap dikarenakan sember cahaya utama tidak menyinari seluruh bagian objek. Dengan reflector sebagai alat bantu dapat meratakan cahaya sehingga bagian yang gelap dapat tersinari.
Caranya : ambil storyovum lalu dekatkan dengan objek. Trus cari cahaya dengan melihat objek jika objek terlihat intensitas cahaya bertambah maka posisi itu yang tepat (dengan cara menaik turunkan, menyamping kiri dan kanan storyovum) logikanya pantulkan sumber cahaya dengan storyovum ke objek.

Untuk foto portrait model outdoor, reflektor favorit saya adalah yang permukaannya emas. Pantulan cahayanya agak kekuningan membuat kulit model menjadi lebih bersinar. Bukan hanya itu, di mata juga ada pantulan cahaya yang biasa dinamakan “catch light.” Pantulan bulatan itu membuat mata lebih hidup.


Penempatan juga perlu diperhatikan dengan cermat, di luar ruangan, kita harus mencari arah cahaya (biasanya dari atas/langit), maka dari itu reflektor biasanya di tempatkan agak dari bawah. Selanjutnya kita harus benar-benar memperhatikan pantulan cahaya yang jatuh ke subjek foto. Kadang cahaya jatuh ke leher/badan daripada ke wajah sehingga pencahayaan jadi kurang merata. Hindari juga penempatan reflektor yang terlalu dekat, karena jatuhnya cahaya membuat wajah menjadi serem (seperti hantu di film horor hehe).


Alternatif reflektor adalah lampu kilat atau flash. Karakter lampu kilat itu sangat berbeda. Lampu kilat adalah sumber cahaya kecil yang hasilnya lebih keras (kecuali diberi diffuser seperti payung/softbox). Selain itu, flash lebih praktis karena tidak perlu dipegangin oleh asisten/modelnya.


Artikel terkait lainnya

0 komentar

Komentar
0 Komentar