Latest Posts

TONGSIS ITU APA DAN BAGAIMANA CARA MANGGUNAKANNYA?

By 11.10



Kamu suka narsis-narsisan tapi kadang malu minta tolong sama orang lain minta difotoin...?...hmhmhm sekarang ada solusinya, pakai Tongkat Narsis aja atau istilah kerennya Tongsis. Kamu bisa foto sendiri atau bareng teman-teman dan bisa berekspresi sesuka kamu di depan kamera tentunya

“Taking self-portraits has never been easier!!!!”

Ya itulah alasan kenapa banyak orang yang jatuh cinta ama TONGSIS alias Tongkat Narsis. Tongsis membuat jeprat-jepret foto narsis tak hanya lebih mudah namun hasilnya boleh dikata lebih sempurna dan hebatnya bisa dilakukan sendiri tanpa minta difotoin ama orang lain sekitar kita. Dengan tongsis kita bisa say goodbye pada kalimat, “Mas, Mbak, minta tolong fotoin kita donk,” Bahkan saking nge-hits nya barang yang satu ini sampai-sampai beberapa waktu lalu sempat beredar foto heboh Ibu Ani Yudhoyono udah pake Tongsis juga.


Lalu apa itu sebenarnya Tongsis dan bagaimana si Tongsis ini digunakan?
Bagi orang yang suka traveling atau bikin video blogging pastinya udah gak aneh lagi dengan barang yang satu ini. Boleh dikata ini adalah “gadget” wajib buat mereka. Tongsis basic-nya adalah sebuah self-portraits monopod. Dengan self-portrait monopod para traveler atau video blogger bisa mengambil foto mereka sendiri tanpa harus repot-repot minta difotoin ama orang. Masuk akal juga karena para traveler seringkali jalan-jalan sendirian ke tempat-tempat yang jarang orang lain ada di sana.


Berbeda dengan saudaranya yang lain, tripod, self-portraits monopd emang punya kelebihan lain. Selain angle kameranya yang bisa banyak variasi (top angle, low angle, frontal dsb) juga enak buat ngambil video wajah kita sambil berjalan.

Lalu kapan barang ini mulai muncul? Kalo dari bentuk desain screw nya sih kayaknya self-portraits monopod lahir setelah banyak orang pake kamera digital terutama kamera pocket. Meskipun ada juga orang yang pake monopod ini pake kamera DSLR karena screw buat masangin ke mounting hole kamera dengan ukuran standar seperti tripod pada umumnya.

Karena display/monitor kamera digital pada umumnya cuman ada di belakang kamera, untuk membantu orang melihat layar monitor sampai ada yang bikin kaca spion khusus juga lho! Jadi orang bisa melihat angle yang pas dan gak buang waktu trial and error buat ngambil framing yang pas.


Jaman pun mulai berubah, ketika handphone udah mulai ada kamera-nya. Ditambah dengan booming nya social media seperti facebook, twitter, instgram hingga Path yang memungkinkan orang berbagi foto dan video. Dengan fasilitas kamera di handphone orang-orang bisa secara langsung mengupload dan berbagi foto mereka ke aplikasi socmed tanpa harus transfer dulu gambar ke komputer/laptop seperti halnya kamera digital biasa (sekarang sih udah ada jg kamera digital yang bisa langsung upload gambar ke dunia maya).


Meski kameranya udah canggih tapi ternyata masih ada kelemahannya. Yaitu ketika kita mau foto narsis rame-rame pake henpon, angle nya gak bisa lebar dan leluasa karena tangan kita panjangnya terbatas. Mau gak mau kita minta bantuan ama orang lain di sekitar kita. Dan hasilnya tentunya kadang memuaskan kadang yaaa harus disukuri apa adanya.

Untungnya lahirlah benda bernama TONGSIS, si tongkat narsis, dimana self-portraits monopod yang bisa dipasangin handphone karena sudah dilengkapi oleh sebuah device holder yang bisa ditempati henpon. Dunia narsis pun terasa semakin sempurna karena dengan tongsis kita gak harus ngeribetin orang lain minta motoin kita selain itu angle foto kita pun bisa dieksplorasi lebih banyak.

Lalu gimana cara menggunakan tongsis?

Karena tongsis terdiri dari dua bagian yaitu tongkat dan device holder, pertama kali yang harus dilakukan adalan memasangkan device holder ke ujung tongkat. Holdernya ada yang ukuran buat iPhone (lebar HP 5-7cm) ada juga yang ukuran segede Galaxy Note (lebar HP 7-9cm). Mungkin ada juga holder yang bisa buat tablet segede iPad. Cara masangin device  holder sama kayak masangin kamera digital ke skrup tripod.



Setelah device holder terpasang kuat, tempatkan henpon sampai tercengkram dengan baik oleh holder tersebut. Atur sudut holder sesuai dengan kebutuhan. Putar sekrup pinggir holder untuk mengendorkan dan mengunci leher tongkat.


Setelah henpon tercengkram secara sempurna, masuk ke aplikasi kamera henpon dan pilih front camera (kalo yang ada front cameranya hehehe).

Setelah display muncul panjangkan batang tongsis sesuai kebutuhan, kemudian carilah angle yang paling oke.


Kalo angle oke didapat, set timer di kamera henpon. Dan sehabis tombol shutter dipencet kembalikan henpon ke posisi dimana angle yang sebelumnya kita udah dapet.


Atur pose tubuh… Pasang senyum, posisi alis, posisi bibir, sesuai template kamu dan… JEPRET!!! Foto narsis kamu pun jadi.


Nah, biar hasil foto narsis kamu keliatan lebih kece dan natural salah satu tips nya adalah jangan sampai tongkat narsis-nya masuk frame alias ikutan kefoto. Kecuali kalo kamu emang pengen nunjukin foto itu diambil pake tongsis.

Nah buat kamu yang belum punya tongsis yuk order di toko online rekomendasi saya KLIK INI

Artikel terkait lainnya

0 komentar

Komentar
0 Komentar