Latest Posts

TIPS MEMOTRET LANDSCAPE DI MALAM HARI

By 02.20


Nightscapes - Memotret Kota di Malam Hari

Ide pemotretan di malam hari bisa menjadi hal yang sedikit rumit bagi seorang fotografer pemula, tetapi bagaimanapun juga dunia fotografi adalah seni, karya serta sebuah teknologi yang sepenuhnya berhubungan dengan cahaya. Apapun itu bentuk fotografinya, entah itu film atau digital tidak menjadi masalah, yang pasti adalah Kita membutuhkan cahaya untuk membuat sebuah foto.

Malam hari adalah suatu kondisi waktu dimana tidak ada sama sekali cahaya matahari, dan bagi kebanyakan orang berpikir itu adalah waktu yang tidak tepat untuk melakukan aktivitas fotografi. Dalam pengartian yang lebih luas, pemahaman intuitif serta tingkat kepentingan cahaya mutlak harus ada di dalam fotografi. Bagi fotografer, malam bisa menjadi sebuah tantangan bagi mereka, karena pada waktu itu lah seorang fotografer tidak menemui berkas-berkas cahaya yang indah turun dari langit yang terpantul ke seluruh penjuru detail subyek dan semuanya bisa menjadikan sebuah foto bisa tampak sangat menarik. Menantang bukan berarti tidak mungkin, fotografi malam hari tidak saja tidak mungkin, tetapi akan menjadi sebuah wadah menuangkan kreatifitas serta bisa membantu Anda memberikan style pada hasil kerja fotografi Anda.

Malam Hari

Luangkan sedikit waktu Anda ketika malam hari tiba, pergi keluar nikmati remang-remang yang ada setelah matahari tenggelam. Latih mata Anda dengan mengobservasi lingkungan sekitar, temukan semua perbedaan antara siang hari dan malam hari, semua hal yang benar-benar unik anda temuakan di malam hari. Perhatikan bagaimana bayangan tercipta di kolam-kolam taman kota, bagaimana warna-warni termutasi serta bercampur baur dengan lampu taman serta lampu jalanan. Rasakan nuansa malam hari, seberapa besar cahaya malam hari bisa merubah penampilan sebuah pohon besar, atau mobil yang sedang di parkir di ujung jalan, yang biasanya tampak begitu membosankan dan ketika malam hari akan tampak berkilauan di bawah sinar rembulan.

Perangkat fotografi yang tepat

Anda tidak akan bisa memotret keindahan malam hari hanya dengan kamera saku, dimana di dalam sistem kamera tersebut tidak memiliki kendali penuh terhadap fitur-fitur fotografi. Anda akan kesulitan mendapatkan gambar impian Anda jika hanya mengandalkan pemotretan bisa (bidik dan jepret). Untuk memotret di malam hari setidaknya bawa serta perangkat-perangkat di bawah ini beserta Anda:
  • Tripod, kokoh tetapi cukup ringan memudahkan untuk mobilitas.
  • DSLR
  • Remote Shutter Release
  • Lensa wide-angle (Optional), kebanyakan foto dramatis di malam hari dihasilkan oleh lensa wide
  • Lens hood, berfungsi untuk mengurangi flare lensa.
Mungkin timbul pertanyaan pada diri Anda, kenapa tidak ada rekomendasi tentang penggunaan flash? Artikel ini mengasumsikan Anda berada di tengah kota dan kemungkinan terjadinya pemadaman listrik cukup kecil sekali, dan Anda masih bisa melihat suasana kota dengan intensitas cahaya yang cukup. Keadaaan serta kondisi sebuah kota mungkin bervariasi, jadi jika Anda merasa perlu untuk membawa flash, maka tidak ada salahnya Anda membawanya, toh perangkat fotografi tersebut cukup ringan untuk di bawa bukan?

Berikut salah satu hasil foto terbaik karya fotografer medan


Refleksi gedung2 tua bersejarah di daerah The Bund yg sangat terkenal dengan daerah wisatanya, yg menjadi wajib di kunjungi wisatawan mancanegara bila berada di kota Shanghai, salah satu kota metropolitan terbesar di negara Tingkok daratan. Hujan ternyata membawa berkah bagi fotografer, dengan munculnya refleksi dari air di laantai bekas hujan.

Artikel terkait lainnya

0 komentar

Komentar
0 Komentar