Latest Posts

CARA MENGETAHUI KODE ERROR PADA LENSA CANON

By 05.17

err-01

Kamera digital khususnya DSLR adalah peranti yang rumit, gabungan antara mekanik, optik dan elektronik yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan gambar digital. Adakalanya hal-hal tidak berjalan dengan semestinya dan kamera menunjukkan adanya error di layar LCD, biasanya diikuti dengan kamera tidak bisa dipakai memotret. Khusus untuk DSLR Canon, kode error disertakan untuk mengidentifikasi masalahnya, walau bagi pengguna kode-kode ini hanya angka yang tidak dipahami apa maksudnya.
Untuk sekedar memahami masalah apa yang sedang terjadi, kami sajikan tulisan mengenai arti kode error kamera Canon, lalu mengambil langkah diagnosa dan upaya sederhana untuk mengatasi error tersebut. Tapi tulisan ini bukan untuk meminta anda memperbaiki sendiri kamera dalam arti reparasi atau ‘bongkar pasang’. Selalu konsultasikan dengan perwakilan servis resmi Canon terdekat dan bila dalam masa garansi semestinya anda tidak perlu keluar biaya perbaikan.
Error di kamera Canon bisa terjadi karena banyak kemungkinan, mulai dari koneksi data bodi ke lensa, masalah di kartu memori, shutter unit sampai masalah yang tidak spesifik. Untuk kodenya sendiri bisa digolongkan dalam dua kelompok, yaitu kelompok kode umum dari awal DSLR Canon dan kelompok error di kamera modern.

Kode error umum :

Err 01: Lens to body communication error
Communications between the camera and lens is faulty. Clean the lens contacts.’
Komunikasi lensa dan kamera entah mengapa bisa jadi bermasalah, misal  di dalam lensa itu sendiri, mungkin bodi kamera, atau sesuatu yang sederhana seperti sidik jari luntur pada pin kontak data di mount lensa. Bila error terjadi, kamera tidak bisa mengenal lensa yang dipasang apalagi membaca informasi pengukuran jarak dari lensa.
Err 02: Memory card error
Card cannot be accessed. Reinsert/change card or format card with camera.’
Ada masalah dengan komunikasi antara kamera dan kartu memori (sekali lagi, bisa jadi di dalam kamera, atau kartu), atau kamera telah mendeteksi kesalahan yang berbeda dengan kartu tertentu.
Err 04: Card full
Cannot save images because card is full. Replace card.’
Kamera mendeteksi bahwa tidak ada ruang yang tersedia untuk penyimpanan gambar pada kartu memori. Bisa jadi memang kartunya penuh, atau entah kenapa ruang kosong yang ada di kartu tidak terbaca oleh kamera.
Err 05: Built-in flash obstruction
The built-in flash could not be raised. Turn the camera off and on again.’
Kamera dengan built-in flash bisa mengalami error seperti ini, misal ada sesuatu yang menghalangi flash terbuka ke atas atau faktor lain.
Err 06: Self-cleaning  sensor malfunction
‘Sensor cleaning is not possible. Turn the camera off and on again.’
Ada masalah dengan sistem mekanisme pembersihan debu pada sensor dengan cara menggetarkan sensor. Mungkin mekaniknya sudah lemah akibat terlalu sering melakukan proses sensor cleaning.
Err 99: Kode ‘klasik’ untuk masalah yang tidak spesifik
Error 99 merupakan pesan kesalahan yang mungkin paling sering dialami para pemilik Canon di seluruh dunia. Pesan ini tidak memberi informasi spesifik tentang apa yang sedang terjadi dan sebaiknya dikonsultasikan dengan servis resmi Canon terdekat.

Kode error khusus :

Kode berikut ini lebih spesifik dan mulai digunakan pada kamera DSLR Canon modern, dengan tujuan membantu mengetahui lebih detil bagain apa yang sedang terganggu.
Err 10: file malfunction
Kamera menemukan  kesalahan dalam file yang ditulis (atau berusaha untuk ditulis) ke kartu memori.
Err 20: mechanical malfunction
Kemungkinan gangguan mekanik ada di komponen cermin (yang bergerak naik turun), shutter atau bukaan diafragma lensa.
Err 30: Shutter malfunction
shutter-macet
Shutter unit yang macet
Berbeda dengan Err 20, yang satu ini  menunjukkan masalah dengan shutter unit … itu bisa berupa masalah mekanis (shutter macet karena usia pakai), atau semacam kesalahan komunikasi elektronik antara kamera dengan shutter unit.
Err 40: power source malfunction
Sebuah kesalahan internal dalam mendapatkan daya dari baterai untuk beberapa bagian dari kamera telah terdeteksi. Kemungkinan besar, itu bukan sekedar baterai yang lemah, lebih cenderung pada indikasi baterainya bermasalah.
Err 50: electronic control malfunction
Kebalikan dari error mekanik, kode ini menyatakan ada masalah dengan elektroniknya. Ini rumit, karena mungkin pada prosesor atau sirkuit elektronik kamera.
Err 70: Image malfuction
Sesuatu yang berhubungan dengan data yang sedang ditulis ke kartu memori terdeteksi  bermasalah  … ini mungkin bukan kesalahan memori kartu yang sederhana, walaupun tentu saja yang tidak dapat dikesampingkan.
Err 80: electronic control or image malfunction
Error ini juga berhubungan dengan elektronik dan gambar, namun lebih spesifik pada kendali elektronik seperti roda, tuas atau tombol.
canon-lens-rear

Apa yang harus Anda lakukan?

Pertama, ingat bahwa masalahnya mungkin hanya terjadi sekali dua kali, entah mengapa lalu setelah itu normal kembali. Jika Anda keluarkan baterai kamera selama beberapa detik, dan kemudian dipasang kembali,  pada dasarnya itu adalah booting ulang kamera - seperti restart komputer, kadang-kadang bisa berhasil. Jadi secara umum, ini adalah langkah awal yang harus dilakukan  jika Anda menemukan pesan kesalahan.
Tapi itu mungkin tidak selalu bekerja. Setelah memasukkan kembali baterai, kamera bisa jadi terus menampilkan pesan kesalahan, atau mungkin kembali muncul setelah Anda mencoba untuk memotret lagi. Untuk kasus spesifik seperti kontak bodi dan lensa, coba lepaskan lensa dan lihat kontak data apakah kotor atau berkarat. Bersihkan dengan hati-hati dengan kain lembab yang lembut (jangan gunakan penghapus) dan coba pasang lagi lalu hidupkan. Untuk masalah yang berkaitan dengan memori, coba format memori atau ganti dengan memori lain.
Bila masalah tetap berulang, jangan coba perbaiki sendiri. Bawalah kamera ke servis resmi dengan menceritakan error yang terjadi, upaya yang telah anda lakukan, dan siapkan kartu garansi bila masih dalam masa garansi.

Bila masalah tetap berulang, jangan coba perbaiki sendiri. Bawalah kamera ke servis resmi dengan menceritakan error yang terjadi, upaya yang telah anda lakukan, dan siapkan kartu garansi bila masih dalam masa garansi. kalau anda tidak mau repot bole mengunakan  jasa service kamera terdekat. Atau salah satunya membawa kamera anda ke jasa service Lensa DSLR Online rekomendasi toko service kamera online berkualitas dan bergaransi
Pelajaran terpenting dari pesan error pada kamera jangan sampai menghalangi kita untuk berkarya. Kerusakan pada kamera adalah hal lumrah, sama dengan alat-alat elektronik lainnya. Namun perlu juga bagi kawan-kawan untuk menangani dan merawat kamera dengan baik. Selamat memotret :)

Artikel terkait lainnya

0 komentar

Komentar
0 Komentar